Senin, 14 Januari 2013

HTML5


Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang perbedaan HTML5 dengan HTML4 atau versi sebelumnya, sebelum mengetahui perbedaannya sebaiknya kita mengetahui apa itu  HTML5. HTML 5 adalah sebuah bahasa baru yang akan menjadi upgrade dan perbaikan dari generasi bahasa web sebelumnya yang tentunya kali ini, HTML 5 akan banyak mengalami upgrade pada spesifikasi Web presentation, tidak menutup kemungkinan, kalau HTML 5 juga akan menjadi pengganti game untuk Web application development, walaupun sebelumnya sudah mendukung sistem plug-in-dengan Internet application (RIA) yang kaya akan teknologi seperti Adobe Flash, Microsoft Silverlight, dan Sun JavaFX.
World Wide Web Consortium (W3C) baru baru ini membuat proposal mengenai spesifikasi HTML 5 hal ini dipicu dari pengembangan akan aplikasi web yang terus berkembang sesuatu yang tidak dapat di penuhi oleh HTML pada masa saat ini. Dengan kata lain HTML 5 nantinya akan menghilangkan gap antara Flash, Silverlight, dan JavaFX yang sedang mengisi pangsa pasar web application.
Web applications tentu saja akan lebih menarik, kata Ian Fette, project manager dari Google untuk Chrome browser: “Web application akan bekerja lebih cepat dan akan memberikan user experience yang lebih baik dan menghilangkan batasan antara online apps dan desktop apps”.
Perbedaan HTML5 dengan HTML4 :
1.      Mark Up
Beberapa Tag Usang pada HTML4 telah ditiadakan seperti <font> dan <centre>. Fungsi tersebut diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan CSS(Cascade Style Sheet).

2. Error Handling/Penanganan Kesalahan
Pada HTML4 kita bisa menggunakan kode cacat menggunakan "sup tag", dengan perintah ini kode cacatpun masih bisa dijalankan. Namun jika suatu vendor browser ingin memasuki pasar, maka mereka harus menguji code cacat tersebut jika tidak mungkin hasil pada browser akan berbeda dengan browser lain.

3. Multimedia Feature
Pada HTML4 jika kita ingin memasukan video maka harus membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Flash Player. Namun pada HTML5 tidak perlu itu lagi karena kita hanya perlu menggunakan <audio> dan <video> itu lebih sederhana bukan, karena pada HTML5 ini menggunakan unsur semantik.

4. API
Dalam HTML5 memperkenalkan sejumlah API yang membantu dalam menciptakan Aplikasi Web. sebuah API memungkinkan aplikasi web secara offline dan juga untuk mendafarkan diri untuk protokol tertentu atau jenis media serta API yang mengekspos sejarah dan memungkinkan halaman untuk menambah untuk mencegah melanggar tombol kembali.

5. Browser Support
HTML5 belum menjadi standar resmi dan belum ada browser yang memiliki dukungan HTML5 penuh. Tapi semua browser seperti(Safari, Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer) terus menambahkan fitur HTML5 baru untuk versi terbaru mereka.
Jadi untuk lebih singkat membuat sebuah web atau sebuah aplikasi lebih baik menggunakan HTML5

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar