Sabtu, 13 Juli 2013

Apa Itu jQuery Mobile ?

Mungkin bagi yang sering membuat web tidak asing dengan jQuery. Namun sekarang untuk pembuatan aplikasi mobile juga dapat menggunakan jQuery, namanya yaitu jQuery Mobile. Apa itu jQuery Mobile? jQuery Mobile adalah sebuah platform pengembangan dari jQuery. Pertama kali kita harus belajar bagaimana memahami cara kerja dan implementasinya dalam aplikasi web. Dengan menggunakalan jQuery Mobile, Anda dapat men-develop berbagai solusi mobile yang bekerja dengan baik di berbagai piranti operasi mobile. Contoh piranti yang didukung jQuery Mobile antara lain Android, Blackberry, Fennec (Mozilla), WebOS dari HP (Palm), iOS (iPhone, iPhod Touch dan iPad), serta Opera Mobile. Platfom lain seperti Meego, Windows Mobile, dan dan platform Symbian akan didukung di masa depan.
jQuery dikembangkan menggunakan sifat-sifat tertentu. Beberapa di antara sifat jQuery Mobile adalah :
-  jQuery Mobile memudahkan pengembangan user-interface untuk mobile web apps.
-  Konfigurasi antarmukanya bersifat markup-driven, yang berarti Anda dapat membuat seluruh aplikasi antarmuka dasar dalam kode HTML, tanpa perlu menulis satu barus JavaScript.
-  Menyediakan serangkaian event khusus, mendeteksi event dari piranti mobile dan piranti touchscreen seperti tap, tap-and-hold, dan perubahan orientarsi (misalnya merotasi piranti).
-  Memastikan bahwa user-interface bekerja pada web browser.
-  Menggunakan theme untuk memudahkan penyesuaian tampilan aplikasi Anda.

2 komentar:

  1. maksudnya ini untuk membuat website responsive gitu ya min? Website Gratis

    BalasHapus
  2. Berarti klw pake jquery mobile lebih responsive di smartphone tapi di dekstop tampilannya sama aja kaya di smartphone. Tidak relevan dibandingkan pake bootstrap

    BalasHapus